Introvert

Apa itu Introvert? Ciri-Ciri Introvert - Istilah Psikologi

Kita sering menilai terhadap pemilik sifat introvert biasanya dianggap egois, antisosial, sombong, dan pemalu, padahal tidak semua introvert memiliki sifat seperti itu. Ada beberapa orang yang sebenarnya bukan pemalu dan pandai dalam berbicara, namun dalam momen tertentu seperti memiliki kepribadian introvert secara tidak sadar dan baru bisa memahaminya seiring dengan berjalannya waktu. Ada juga seseorang yang apabila berada disekitar banyak orang akan merasakan mudah lelah. Jadi, seperti apa sih introvert itu?

 

Apa itu Introvert?

Setiap orang dilahirkan dengan sifat yang berbeda-beda, biasanya kepribadian ini dipengaruhi oleh faktor keturunan dari kedua orang tuanya, pola asuh, dan lingkungan. Namun jika orang tua, guru, dan orang disekitarnya mendukung, maka ia akan tumbuh dengan rasa percaya diri.

"Introvert adalah seseorang yang suka berada dilingkungan yang sepi atau tidak begitu ramai, dan ia membutuhkan waktu sendiri untuk mendapatkan energi kembali."

Ketika merasa diejek atau diintimidasi seseorang yang introvert akan merasa cemas, dan terkadang akan berpura-pura menjadi bukan dirinya sendiri.

 

Ciri-ciri Kepribadian Introvert

Agar kamu mengetahui gimana sih ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian introvert itu, berikut ini beberapa ciri yang sering membuat seseorang akan dikatakan sebagai introvert, diantaranya:

1. Sibuk sendiri

Ciri utama seseorang yang introvert adalah ia sering menyendiri, karena disaat sendiri seseorang yang ontrovert akan merasa lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu dan fokus dengan apa yang ia kerjakan.

Selain itu, seseorang yang introvert juga sering untuk menikmati dan fokus pada saat ia membaca, menulis, mendengarkan, dan berimajinasi. Selain itu, ia juga terkadang lebih memilih mengerjakan pekerjaan secara mandiri agar tidak merepotkan orang lain.

 Baca juga: Apa itu Anger Issue? Tanda-Tanda Kamu mengalami Anger Issue


2. Menghargai privasi

Privasi adalah masalah pribadi dan harus dihormati oleh setiap orang dengan sebaik mungkin. Apapun yang bersifat privasi seringkali memang sangat sensitif, apalagi saat seseorang curhat atau bercerita kepada kamu, hal ini mungkin saja kamu adalah seseorang yang ia percayai dan seorang pendengar yang baik.

Biasanya orang yang memiliki kepribadian intrivert lebih suka untuk menjaga privasinya, oleh sebab itu beruntunglah kamu menjadi pendengar seseorang yang introvert, karena kamu mungkin adalah orang yang terpilih sebagai seseorang yang dianggapnya jujur dan penyimpan rahasia yang baik.

 

3. Memiliki pertemanan yang sedikit

Introvert, namun bukan berarti ia selalu ingin sendirian. Mereka yang introvert biasanya lebih suka dengan lingkar pertemanan yang kecil namun intim (dekat banget). Alasan mengapa orang introvert memiliki pertemanan yang kecil bukan karena ia tidak ingin banyak teman, namun karena ia lebih memilih teman yang satu frekuensi/sepemikiran dan memiliki hubungan pertemanan yang berkualitas, dibandingkan memiliki teman banyak namun sembarangan.


"Introvert lebih suka berteman dengan orang yang sefrekuensi dengannya"

 

4. Sensitif, intropeksi diri, dan rasa ingin tahu

Orang introvert memiliki pemikiran yang begitu peka. Dan itulah yang menuntun mereka untuk menintropeksi diri dan meneliti hal-hal yang menurut mereka kurang pas. Selain itu, rasa ingin tahu yang tinggi juga menjadi ciri khas mereka, seorang yang introvert akan banyak mencari informasi melalui membaca dan mendengarkan dengan seksama, yang mana hal ini juga membuat dirinya merasa tenang ketika mendapatkan jawaban yang ia inginkan.

 

5. Suka mengungkapkan sesuatu lewat tulisan daripada berbicara

Seseorang yang introvert lebih memakan banyak waktu untuk mempertimbangkan pemikiran dan pemilihan kata, sehingga agar ia lebih merasa yakin dengan apa yang ada dipikirannya, ia lebih suka mencurahkannya kedalam buku tulis atau catatan.

 

6. Bekerja sendiri

Apa itu Introvert? Ciri-Ciri Introvert - Istilah Psikologi

Dalam hal melakukan pekerjaan, para introvert lebih suka untuk berkerja sendiri dibandingkan bekerja secara kelompok. Bukan karena tidak ingin bekerja sama, hanya saja saat melakukan pekerjaan sendiri mereka menjadi lebih fokus dan terperinci. Alasannya, seseorang yang introvert akan lebih produktivitas ketika ia menyendiri. Meskipun suka untuk bekerja sendiri, seorang introvert tetap selalu menerima pendapat dari orang lain yang sekiranya lebih baik.

 


Keistimewaan seorang Introvert

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi tidak usah minder! Mulai lah dengan memahami diri sendiri, ketahui kelebihan dan kekuranganmu, lalu kembangkan menjadi hal yang positif.

Meskipun introvert selalu khas dengan kesendiriannya, namun ada beberapa keistimewaan dari kepribadian introvert ini, yaitu:

1. Merupakan pemimpin yang baik

Biasanya orang yang introvert selalu memilikirkan jalan keluar. Dimulai dari mengenali masalahnya, menganalisa dugaan permasalahan tersebut, mencari cara memecahkan masalahnya, dan melakukan tindakan nyata.

Tokoh dunia yang merupakan introvert ada banyak loh, seperti Bill Gates (salah satu orang terkaya di dunia), Albert Einstein (siapa sih yang gak tau ilmuwan yang satu ini, kalo kamu gak tau bisa cari tau di google sih), ataupun Mark Zuckerberg (programer yang membuat situs jejaring sosial Facebook).

Baca juga: Apa itu Self Esteem? Cara Meningkatkan Self Esteem pada dirimu


2. Pendengar yang baik

Ketika ada seseorang yang bercerita kepadanya, seseorang yang introvert akan mendengarkan dengan seksama, membayangkan, dan berpikir untuk mengolah informasi, lalu memberikan respon dan masukan. Oleh karena itu, seseorang yang introvert akan cenderung memerlukan waktu untuk memikirkan dahulu pertanyaan sebelum ia memberikan pernyataan atau solusi.


3. Penulis yang hebat

Sperti yang disebutkan sebelumnya, seseorang yang introvert suka untuk menulis dan berimajinasi, oleh karena itu seseorang yang introvert sering menjadi penulis yang hebat.


4. Menyukai hal yang sederhana

Suka melihat pelangi, memandangi bintang di malam hari, mendengar cuitan burung di pagi hari, mencium bau segar di pagi hari, adalah hal-hal sederhana yang biasanya disukai oleh orang introvert.

Mungkin itu terlihat sepele, namun seseorang yang introvert sangat senang dan merasa bahagia saat ia menemukan keistimewaan yang nyata dengan keindahan alam. Sederhana, namun menyentuh perasaan dapat membuat seorang yang introvert merasa bahagia.

 

Kelemahan seseorang yang introvert

  1. Sering mengalah
  2. Overthingking (berpikir berlebihan)
  3. Tidak enakan
  4. Kurang banyak bicara
  5. Menarik diri dari lingkungan sosial

 

Pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert

  1. Akuntan
  2. Freelance
  3. Penulis buku
  4. Anlisis data
  5. Fotografer
  6. Profesional IT
  7. Insinyur
  8. Ilmuwan
  9. Fisikawan
  10. Pengusaha
  11. Asisten virtual


KESIMPULAN

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert cenderung melihat dan meneliti terlebih dahulu sebelum mereka mengambil keputusan. Membuat keputusan pun adalah hal yang tidak mudah. Tapi, tidak ada salahnya untuk menjadi seseorang yang introvert, karena semua orang memiliki keistimewaannya masing-masing.