7 Cara Mudah Agar Tidak Insecure

 

7 Cara Mudah Agar Tidak Insecure - Istilah Psikologi

Saat ini banyak sekali orang-orang yang merasa tidak percaya diri ketika berada didepan orang banyak. Alasannya, bukan hanya karena soal fisik saja, akan tetapi juga soal kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut.


Banyak diantara orang-orang yang tidak percaya diri merasa takut, tertekan dan tidak nyaman dalam suatu kondisi. Kondisi itulah yang biasa kita sebut dengan istilah insecure. 

"Insecure sendiri berarti sebagai salah satu kondisi dimana seseorang akan merasa kurang percaya diri, merasa sangat tidak aman, merasa terancam, takut, cemas yang berlebihan, dan bahkan bisa sampai depresi."

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai insecure, mulai dari mengapa rasa insecure dapat muncul, dampak negatif insecure, dan cara mudah mengatasi insecure. Agar kamu tidak salah pemahaman, simak dan perhatikan penjelasan dibawah ini, selamat membaca!

 

Mengapa Insecure dapat Muncul?

Insecure dapat muncul kapan saja dan dimana saja, biasanya perasaan ini ditimbulkan oleh beberapa alasan. Berikut beberapa alasan atau penyebab yang dapat membuat kamu merasa insecure:

1. Adanya pengalaman buruk atau trauma

Masa lalu seseorang terkadang dapat membuat dirinya merasa insecure. Apalagi jika orang tersebut memiliki pengalaman negatif yang begitu membekas di hatinya.

Pengalaman negatif tersebut ada berbagai macam, contohnya seperti dikhianati oleh seseorang, pernah merasa gagal dalam mencapai sesuatu, ditolak dengan cara yang menyakitkan, pernah diselingkuhi oleh pasangan, dan lain sebagainya.

Dari trauma dan pengalaman masa lalu ini lah yang sering kali memicu munculnya perasaan insecure dalam diri seseorang. Saat kamu merasakan hal ini, kamu akan memandang diri kamu sendiri dan orang lain selalu negatif. Secara tanpa sadar, kamu akan memunculkan aura negatif yang mengontrol emosi dan perasaan kamu. Yang pada akhirnya, akan muncul perasaan insecure akan semua hal.

Pengalaman yang buruk menjadi salah satu hal yang memengaruhi tingkat percaya diri dan harga diri kamu. Padahal kamu dapat mengatasi itu dengan cara yang positif, bangkitkan diri kamu dan terus kembangkan kemampuan kamu.

 Baca juga: Apa itu Insecure? Cara Mengatasi Insecure


2. Perfeksionis

Kamu selalu mengharapkan segala sesuatu berjalan sempurna? Jika iya, maka kamu memiliki sisi perfeksionis yang dominan. Dengan memiliki sifat perfeksionis kamu akan lebih mudah merasa insecure. Mengapa? Karena orang-orang yang perfeksionis biasanya memiliki standar hidup yang sangat tinggi.

Tidak hanya standar hidup, dalam keseharian pun mereka akan mengharapkan hal-hal yang sangat detail dan mendalam. Dengan sisi perfeksionis ini, kamu dapat terserang perasaan insecure ketika kamu gagal atas semua standar yang ada di benak kamu.

Kamu akan merasa kecewa dan tersakiti secara bersamaan karena semua rencana yang telah kamu buat tidak berjalan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Akibatnya, kamu akan merasa bersalah dan cenderung akan larut dalam kondisi menyedihkan ini lebih lama dari orang-orang yang tidak memiliki sisi perfeksionis yang dominan.

 

3. Menerima cemoohan dari orang lain

Orang yang insecure cenderung sulit untuk berkomunikasi dan besosialisasi dengan orang lain. Ya, lagi-lagi hal ini karena latar belakang dan pengalaman dari orang tersebut.

Kita selalu ditekankan untuk menjaga perkataan terhadap orang lain, dan ini merupakan salah satu dampak apabila kamu tidak menjaganya.

Orang yang mendengar ucapan jahat kamu akan merasa sedih dan minder. Mungkin, kamu memiliki tujuan yang baik, tapi jika itu menyakiti hatinya, kamu dapat membuat orang tersebut merasa insecure dari pada berintropeksi diri.

Jika kamu mendapatkan penghakiman dari orang lain, pasti kamu akan merasa kecewa dan sedih bukan? Ya, kamu juga akan merasa tidak nyaman untuk berada di lingkungan tersebut. Kamu uga akan merasa tidak percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki. Begitulah kira-kira yang dirasakan orang lain ketika kamu melontarkan kata-kata jahat padanya.

Baca juga: Apa itu Love Bombing? Kenali Tanda dan Bahayanya!


4. Ekspektasi yang berlebihan

Jika kamu memiliki ekspektasi yang berlebihan, hal ini dapat membuat kamu menjadi berharap lebih juga. Dan saat kamu berharap, kamu akan mulai untuk berangan-angan. Apa yang ada dalam bayanganmu tentu semua hal yang baik dan membahagiakan. Inilah yang menjadi hal tidak baik untuk diri kamu sendiri. Kenapa? Karena jika kamu tidak mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginanmu, maka kamu akan merasa kecewa dan tersakiti oleh itu. Dengan memiliki ekspektasi yang tinggi atau berlebihan dan perasaan yang tidak siap dengan kegagalan, maka akan menghancurkan diri kamu sendiri.

 

5. Tekanan dan pasangan yang pengekang

Orang tua yang suka menekan anaknya ternyata juga dapat menimbulkan perasaan insecure pada diri anak. Karena, dengan tekanan yang diberikan akan tidak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan berdikari. Anak akan merasa takut dalam mengambil keputusan karena terbiasa mendapat tekanan dan dorongan dari orang tua. Anak akan sulit untuk menentukan apa yang terbaik utnuk dirinya sendiri.

Hal ini juga dapat terjadi pada pasangan, jika kamu terlalu mengekang pasanganmu, mereka akan merasa tidak dipercaya dan selalu dicurigai oleh mu. Dengan begini, mereka akan merasa tidak nyaman dengan kamu dan memunculkan perasaan insecure pada diri mereka.

 

Dampak Negatif dari Insecure

Adapun dampak negati dari perasaan insecure adalah sebagai berikut:

  • Menderita gangguan kesehatan mental.
  • Depresi
  • Mengidap gangguan kecemasan.
  • Paranoid
  • Tidak nafsu makan
  • Tidak percaya diri
  • Overthingking

Jika kamu mengalami berbagai dampak negatif insecure diatas, segera hubungi psikiater atau psikolog untuk membantu kamu menghadapinya.

 

7 Cara Mudah Agar Tidak Insecure

Beberapa cara dibawah ini dapat menjadi pertolongan pertama ketika kamu mulai merasa insecure. Berikut ini cara mudah agar tidak insecure, diantaranya:

1. Cintai diri kamu sendiri

Ya! Hal pertama dan utama yang kamu lakukan untuk mengalahkan rasa insecure adalah dengan mencintai diri kamu sendiri. Sadari bahwa kamu lebih berarti dari apa yang orang lain katakan. Jadilah diri kamu sendiri tanpa mempedulikan apa kata orang lain. Jika kamu ingin cantik atau tampan, maka jadilah sepeti itu untuk diri kamu sendiri, bukan untuk orang lain.

Baca juga: Apa itu Self Esteem? Cara Meningkatkan Self Esteem pada dirimu


2. Cari lingkungan yang positif

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, salah satu penyebab munculnya perasaan insecure itu disebabkan oleh trauma di masa lalu atau karena vonis-an yang tidak baik dari orang lain. Hal ini dapat terjadi karena kamu memiliki lingkungan pertemanan yang tidak baik, sehingga membuat kamu merasa tertekan dan tidak percaya diri..

Dengan berada di lingkungna yang positif akan membantu kamu menumbuhkan rasa percaya diri.

 

3. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Cara untuk berhenti menyalahkan diri sendiri adalah dengan mencintai diri sendiri. Bicaralah pada diri kamu sendiri, apa yang membuat kamu merasa sakit? Apa yang membuat kamu merasa kecewa? Jika kamu telah menemukan jawabannya, maka mulailah untuk mencari penyelesaian dari masalah tersebut.

Bagaimana cara agar kamu dapat memaafkan diri kamu sendiri? Bagaimana cara mengatasi dan memaafkan orang-orang yang menyakiti hati kamu?

Memang sulit untuk melakukan semua ini, namun, jika kamu telah menemukan cara yang tepat, kamu akan merasa tenang dan damai. Perlu diingat, kamu tidak akan dapat memaafkan orang lain, jika kamu belum bisa memaafkan diri kamu sendiri.

 

4. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Suka membandingkan diri kamu sendiri dengan orang lain? Jika iya, maka segeralah untuk berhenti melakukan hal itu. Ingatlah, setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda, jangan hanya melihat dari pencapaian orang lain saja, namun kamu tidak berusaha sekuat tenaga.

 

5. Minta pendapat dari orang yang kamu percayai

Salah satu cara mudah agar tidak insecure adalah dengan intropeksi diri. Dengan intropeksi diri, kamu dapat menemukan makna kehidupan. Sampai kapan kamu ingin bersembunyi?

Mintalah pendapat dari orang baik atau orang yang kamu percayai dengan meminta saran dari mereka. Atau kamu bisa langsung menemui psikolog untuk membantu keluar dari perasaan insecure yang mengekangmu.

 

6. Hindari orang yang membuat kamu insecure

Kamu pasti tidak asing dengan kata toxic, jauhilah orang-orang yang membuat kamu merasa insecure. Jika kamu merasa insecure karena media sosial orang tersebut, maka hindarilah untuk melihat media sosial orang tersebut. Jika kamu berada di lingkup kantor dengan pertemanan toxic seperti itu, maka hindarilah untuk melakukan aktivitas diluar dari hal penting bersama mereka.

 

7. Lakukanlah sesuatu yang membuat kamu bahagia

Apa yang membuat kamu bahagia? Tentu kamu tau jawabnnya. Dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan akan membuat kamu merasa bahagia, dengan merasa bahagia kamu akan merasa lebih percaya diri. Jadi, apa yang bisa membuat kamu merasa bahagia?

 

Demikian pembahasan mengenai cara mudah agar kamu tidak insecure. Untuk kamu yang masih merasa insecure, semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu melawan rasa insecure mu dan membuat kamu menjadi lebih percaya diri lagi. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberi kamu semangat untuk mulai mencintai diri kamu sendiri dan belajar untuk mencari kebahagiaan untuk diri kamu sendiri.



7 Cara Mudah Agar Tidak Insecure