Love Bombing

Apa itu Love Bombing? Kenali Tanda dan Bahayanya!

Love bombing mungkin menjadi salah satu hal yang paling kamu takutkan untuk terjadi pada saat kamu dekat atau berkencan dengan pasanganmu. Saat di awal, hubungan terasa sangat membahagiakan dengan segala romantisme yang diberikan oleh pasanganmu. Namun, seiring dengan berjalannya waktu semuanya berubah menjadi hal yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya, itulah yang disebut dengan love bombing.

 

"Love bombing biasanya ditandai dengan diberikannya perhatian dan kasih sayang yang berlebihan pada awal masa kencan dengan tujuan untuk memanipulasi hubungan."

 

Pada awalnya, semua akan tampak sangat sempurna, kamu akan merasa istimewa, berharga, dan merasa sangat dicintai. Namun, kamu jangan mudah tertipu dengan semua itu, karena saat itulah komponen love bombing sedang bekerja untuk meningkatkan kepercaan diri dan harga diri seseorang.

 

Kamu bisa saja mengira telah menemukan seseorang yang tidak hanya menyukaimu, tapi juga menemukan seseorang yang dapat memberikan perhatian, cinta, dan bahkan hadiah spesial kepadamu. Tapi, kemuan semuanya berubah tidak seperti yang kamu bayangkan.

 

Apa kamu pernah berada dalam hubungan yang seperti ini? Supaya kamu lebih paham mengenai apa itu love bombing serta bahaya love bombing, berikut kami rangkum beberapa hal yang wajib kamu ketahui mengenai love bombing.

 

Apa itu love bombing?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, love bombing adalah taktik manipulatif yang digunakan seseorang kepada pasangannya agar segera mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tercinta.

Para perlaku love bombing akan melakukan bermacam cara seperti bersikap romantis dan menampilkan citra diri yang baik, yang mana tujuan dilakukannya semua hal ini semata-mata hanya untuk meningkatkan ego sang pelaku love bombing dengan mendapatkan sesuatu dari apa yang mereka kejar dan upayakan.

Setiap orang dapat merasakan dimabuk asmara, akan tetapi perilaku love bombing adalah salah satu gejala gangguan kepribadian yaitu narsistik. Pelaku love bombing biasanya tidak menyadari apa yang telah mereka lakukan, mereka akan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan orang yang mereka sukai, lalu setelah itu mereka akan merasa aman dalam hubungan yang sedang dijalani. Namun, setelah berperilaku manis para pelaku love bombing akan berubah menjadi pribadi yang kasar, manipulatif, dan sulit untuk dimengerti, jadi kalian harus berhati-hati dalam memilih pasangan ya teman-teman.

 Baca juga: Apa itu Self Esteem? Cara Meningkatkan Self Esteem pada dirimu


Apa saja tanda bahwa kamu terjebak dalam perilaku love bombing?

Biasanya para perilaku love bombing akan terlihat memiliki perilaku yang sama dengan orang normal pada umumnya, akan tetapi ada beberapa tanda dari pasangan kamu adalah pelaku love bombing yaitu pada saat pasangan kamu memberikan hadiah, rayuan, dan perhatian yang berlebihan, serta ia mengharapkan balasan yang cepat atas apa yang mereka berikan padamu.

Pelaku love bombing biasanya akan membuat komitmen atau aturan diawal-awal hubungan kalian, dan kamu akan merasa bergantung padanya.

 

Mengapa love bombing berbahaya?

Pelaku love bombing bisa menyebabkan kamu merasa bingung dan terkekang. Kamu akan bertanya-tanya apakah yang dialami ini memang bentuk kasih sayang atau perilaku yang mengganggu.

Biasanya perilaku love bombing ini terjadi pada masa pendekatan atau PDKT. Karena dibanjiri oleh perhatian dan kasih sayang, kamu akan menganggap orang tersebut adalah orang yang menarik.

Perilaku love bombing dapat merusak kesehatan mental kita, dan yang paling bahaya dari perilaku love bombing adalah sulitnya membedakan antara perasaan seseorang yang benar-benar tulus mencintai kita dan seseorang yang hanya melakukan love bombing.

Para pelaku love bombing biasanya memiliki perilaku yang sangat manipulatif, sehingga dapat menjebak kamu dalam hubungan yang tidak sehat.

Baca juga: Apa itu Anger Issue? Tanda-Tanda Kamu mengalami Anger Issue


Tanpa kamu sadari, ketika pasanganmu memberi sesuatu, ia akan membuat kamu merasa berutang akan hal itu dan hal ini membuat kamu harus membalasnya dengan hal yang sama atau lebih besar dari itu. Sama seperti saat pasanganmu memberikan cinta dan perhatian secara berlebihan, maka kamu juga akan merasa seperti memiliki tanggung jawab untuk selalu bersikap menyenangkan pasanganmu. Padahal cinta adalah keikhlasan satu sama lain.

Jika kamu berada dalam hubungan seperti ini, maka ini tandanya kamu sedang berada dalam bahaya, karena pelaku love bombing akan menguasai pikiran dan hati pasangannya, sehingga mereka akan dengan mudah melakukan apa pun yang mereka inginkan kepada pasangannya tanpa harus memikirkan perasaan pasangannya. Pelaku love bombing juga tidak akan segan untuk menghina dan merendahkan pasangannya jika ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai keinginannya. Semoga kamu tidak terjebak dalam hubungan seperti ini ya.

 

Ciri-Ciri Perilaku Love Bombing

Apa itu Love Bombing? Kenali Tanda dan Bahayanya!

Memberikan kasih sayang dan romantisme yang berlebihan adalah salah satu tanda perilaku love bombing. Berikut ini ciri-ciri perilaku love bombing yang perlu kamu waspadai:

  1. Tidak berhenti memujimu, ia akan sering mengungkapkan pujian seperti ia sangat mencintaimu dan tidak bisa hidup tanpa kamu.
  2. Memberikan banyak hadiah secara berlebihan, misalnya seperti membelikan perhiasan mahal untuk mu yang tidak boleh kamu tolak.
  3. Memberikan pesan dan telepon sepanjang hari.
  4. Ingin perhatian penuh darimu dan akan marah apabila kamu tidak memperhatikannya.
  5. Selalu meyakinkan kamu bahwa kalian berdua adalah belahan jiwa.
  6. Terus memanipulasi kamu untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.
  7. Tidak ada privasi dalam sebuah hubungan.

 

Cara Keluar dari Love Bombing

Cara untuk menghadapi love bombing yaitu dengan mengenali ciri-ciri love bombing itu terlebih dahulu. Hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui apakah pasanganmu pelaku love bombing atau bukan.

 

Selanjutnya, jika kamu menyadari bahwa kamu terjebak dalam hubungan dengan pelaku love bombing, yang mana dengan segala jenis perilaku manipulatifnya pelaku love bombing akan mencoba untuk mengendalikan pasangannya, maka yang perlu kamu lakukan adalah melepaskan driri dari hubungan itu.

 

Apabila hal tersebut terjadi pada awal hubungan dan kamu berpikir bahwa perilaku ini semakin lama akan menghancurkan hubungan, maka kamu dapat mengutarakan apa yang kamu rasakan kepada pasanganmu. Penting bagimu untuk mengurangi intensitas komunikasi dengan pasangan yang selama ini sedang mengontrol dan memanipulasi kamu.

 

Akan jadi hal yang sulit untuk dapat mengubah pelaku love bombing dan itu bukan merupakan tanggung jawab kamu. Tapi, jika kamu ingin membantunya, kamu dapat menyarankannya untuk menemui psikiater karena hal ini menyangkut dengan kesehatan mental.

 Baca juga: Apa itu Introvert? Ciri-Ciri Introvert


Tindakan terbaik yang dapat kamu lakukan jika bertemu kekasih yang love bombing adalah mengakhiri hubungan yang seperti ini. Jika kamu merasa ada sesuatu yang tidak beres dalam hubunganmu, tidak ada salahnya untuk menjaga jarak dan bersikap hati-hati sebelum kamu 100% yakin bahwa pasangan kamu memang benar-benar tulus.

 

Agar tidak mudah termakan rayuan dan perilaku manis dari pelaku love bombing, jangan lupa untuk mencintai diri kamu sendiri terlebih dulu ya.