Self Love

Apa itu Self Love? Pentingnya Self Love

"Bahkan jika tidak ada seorang pun yang mencintaimu, maka kau bisa mencintai dirimu sendiri"

Self love adalah kata sederhana yang sering diremehkan padahal adalah hal yang sangat penting untuk diri sendiri. Faktanya, self love sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita, misalnya jika kita berpikir bahwa kita adalah seseorang yang buruk, tidak berharga, tidak berguna, dan lain-lain, maka semua hal yang kita lakukan terasa tidak ada gunanya dalam kehidupan, bahkan hal terburuknya kita akan membenci diri kita sendiri. Nah, disinilah letak pentingnya self love atau "mencintai diri sendiri". Karena sebaliknya, jika kita berpikir bahwa kita adalah seseorang yang berharga, seseorang yang baik, maka semua hal yang kita akan lakukan seperti bermanfaat dalam kehidupan dan kita akan bangga melakukan hal-hal setiap harinya, dengan bermodal self love.


Di zaman modern ini melalui bantuan sosial media telah banyak masyarakat yang tahu dan menyadari akan pentingnya self love. Self love adalah mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri dengan tujuan untuk membahagiakan diri sendiri. Namun, ada juga yang mengatakan jika self love itu adalah memiliki rasa percaya dan bangga terhadap kemampuan diri sendiri. Pada intinya, self love berarti merasa bahwa diri sendiri berhak bahagia dan bangga atas apa yang kita pilih dan lakukan.

 

Sangatlah penting untuk menerapkan self love dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun karena dengan self love kita akan lebih menerima diri kita sendiri dengan apa adanya, self love akan membuat pikiran menjadi lebih positif dan dengan pikiran yang positif akan membuat kita bisa melakukan apapun dengan maksimal dan akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Untuk mengenali dan mencintai diri sendiri dibutuhkan waktu yang sangat lama, meskipun begitu kita tetap harus bisa mencintai diri kita sendiri.

Baca juga: Apa itu Self Esteem? Cara Meningkatkan Self Esteem pada dirimu


Ayo Mulai Mengenal Diri Sendiri dan Mengenal Self Love

Apa kamu sudah mengenali diri kamu sendiri dengan baik? Tidak jarang, seseorang merasa asing terhadap dirinya sendiri, mereka seperti manusia kosong yang hidup dalam bayang-bayang orang lain tanpa mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan.

 

Hal seperti ini dapat terjadi karena adanya tuntutan dari orang tua, tekanan dari lingkungan sekitar, ataupun desakan dari seseorang sehingga ia tidak dapat melakukan atau mengekspresikan dirinya sendiri. Hal inilah yang membuat seseorang mudah terjebak dalam keterpurukan. Situasi seperti inilah yang akan membuat seseorang kurang dalam mencintai dirinya sendiri. Padahal dalam diri setiap orang pasti terdapat potensi dan keistimewaannya masing-masing.

 

Manusia merupakan makhluk yang otentik, namun tidak semua orang menyadari itu dan terus mengikuti persepsi dari orang lain yang mengatakan bahwa "yang baik itu seperti ini", "seharusnya seperti ini", dan lain sebagainya.

 

Ditengah desakan mental itulah, mulai mengenal diri sendiri adalah langkah yang bijak untuk dilakukan. Mengenal diri sendiri artinya berusaha untuk memahami diri sendiri dari segala sesuatu yang dimiliki oleh diri sendiri, baik itu kekurangan ataupun kelebihan.

 

Mengenal diri sendiri berarti menyamaratakan antara keinginan dan realita, hal ini agar lebih menerima diri kita sendiri dalam kondisi apapun. Mengenali diri sendiri artinya mengetahui potensi dan keinginannya sendiri, hal ini berarti seseorang yang mengenali dirinya pasti telah mencintai dirinya sendiri.


Self love/mencintai diri sendiri adalah kesadaran seseorang untuk lebih memprioritaskan dirinya sendiri terlebih dahulu dan berhenti sesaat dari menilai diri sendiri menurut pendapat orang lain. Self love bukan berarti orang tersebut egois dan hanya memikirkan dirinya sendiri, hanya mengikuti kehendak dan kesenangannya sendiri, namun self love berarti memperlakukan dan menerima dirinya sendiri dengan apa adanya. Mental yang bermasalah biasanya disebabkan oleh diri sendiri yang kurang kuat dalam menghadapi masalah dan kesulitan, namun dengan self love seseorang akan lebih sehat secara mental.

Baca juga: Apa itu Love Bombing? Kenali Tanda dan Bahayanya!


Pentingnya Self Love/Mencintai Diri Sendiri

Pentingnya Self Love/Mencintai Diri Sendiri

Dengan mencintai diri sendiri hubungan dengan orang lain akan lebih bermakna, memiliki motivasi yang tinggi, dan merasa yakin akan mencapai impian yang ingin dicapai, serta kita akan percaya pada didiri kita sendiri agar tidak malu dengan kekurangan yang kita miliki dan bangga akan kemampuan yang kita miliki.

 

"Hal terpenting yang akan kamu dapatkan dari self love adalah ketenangan dalam menjalani kehidupan."

Jika kamu dapat menerapkan self love dengan baik, maka kesehatan mental kamu akan terjaga dengan baik. Selain itu, ada juga manfaat-manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan ketika menerapkan self love dalam kehidupan kamu sehari-hari, diantaranya:

 

1. Terbiasa menjalani pola hidup sehat

Manfaat ini akan dapat kamu rasakan karena seseorang yang melakukan self love akan memikirkan kesehatan dirinya sendiri. Hidup sehat dimulai dengan rajin berolahraga, makan makanan yang sehat dan bergizi, tidur yang cukup, dan lain sebagainya.

 

2. Hidup akan lebih bahagia

Manfaat self love selanjutnya adalah kamu akan lebih mudah untuk menerima segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Dengan sikap ini kamu akan menerima semua yang kamu miliki dengan rasa syukur. Dengan kamu bersyukur atas apa yang kamu miliki, kamu akan menjadi lebih bahagia atas apa yang kamu miliki.

 

3. Terbebas dari apa yang orang lain pikirkan

Dengan self love kamu akan terbebas dari pikiran yang memikirkan apa yang orang lain pikirkan. Kamu tidak akan merasa khawatir atas apa yang orang lain pikirkan terhadap-mu, jalani saja hidupmu sesuai yang kamu inginkan ;)

 

4. Membangun rasa percaya diri

Self love akan membuat kamu terlatih untuk percaya diri. Jika telah terbiasa percaya diri maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih mandiri. Sifat mandiri akan membuat kamu lebih mudah dalam menghadapi segala masalah dengan tegar dan bijak.

Baca juga: 7 Cara Mudah Agar Tidak Insecure


5. Menerima diri sendiri

Manfaat self love yang kelima adalah kamu bisa berdamai dengan diri kamu sendiri, baik itu berdamai dengan masa sekarang ataupun masa lalu kamu, berdamai dengan segala kekurangan yang kamu miliki, berdamai dengan lingkungan dan orang-orang disekitar kamu, dan lain sebagainya.

 

Selain itu, ada juga manfaat dari mencintai diri sendiri lainnya, diantaranya:

  1. Mengurangi stress
  2. Mengurangi overthingking
  3. Mendapatkan kepuasan dalam hidup
  4. Mengembangkan gaya hidup sehat
  5. Belajar menghadapi kesulitan dengan pikiran tenang
  6. Meningkatkan daya tarik
  7. Menjaga kesehatan mental
  8. Memiliki motivasi yang lebih kuat

 

 

Ingatlah kata-kata dari Pierre Cornielle

"Mencintai diri sendiri adalah sumber dari semua cinta kita yang lain"

 

Jadi sebelum kita mencintai orang lain, cintailah diri kita terlebih dahulu, karena apapun itu harus dimulai dari diri kamu sendiri.

 

"Berubah memang tidak mudah, namun akan mudah jika dimulai dari mencintai diri kamu sendiri"

 

Kesimpulan

Penting sekali untuk mencintai diri kamu sendiri, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mencintai diri kamu sendiri, seperti kamu menjadi lebih mudah dalam menerima kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki misalnya. Jaga kesehatan dan jangan lupa untuk mencintai diri kamu sendiri yaaw ;)